Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

25 TAHUN KERJASAMA INDONESIA – JEPANG DALAM PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP

08 Agustus 2018, 09:05 WIB | Diupload oleh Dede Rustandi

Jakarta, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 7 Agustus 2018. Indonesia dan Jepang telah 25 tahun bekerjasama dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Salah satu wujudnya adalah pembangunan Environmental Management Center (EMC) atau Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungan (PUSARPEDAL) pada tahun 1993. Saat ini PUSARPEDAL yang yang terletak di Serpong, Tangerang Selatan telah berubah nama menjadi Pusat Penelitian, Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan (P3KLL) dan telah ditetapkan sebagai Laboratorium Rujukan Nasional untuk pengujian parameter kualitas lingkungan berdasarkan Kep. MenLH No.71 tahun 2012.

Inspektur Jenderal KLHK, Ilyas Assad mewakili Menteri LHK, Siti Nurbaya memberikan sambutan pada peringatan 25 tahun berdirinya P3KLL. “P3KLL adalah penerus dari Pusat Sarana Pengendalian Dampak Lingkungan (PUSARPEDAL) atau Environmental Management Center (EMC), hari ini 7 Agustus 2018 P3KLL memperingati 25 tahun berdirinya PUSARPEDAL,” ujar Ilyas.

P3KLL telah berkiprah secara internasional dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan, diantaranya adalah aktif dalam (EANET) sebagai nasional center pemantauan deposisi hujan asam, kerjasama dengan United Nation University (UNU) dalam peningkatan kapasitas dan pemantauan Persistent Organic Pollutant (POPS) di East Asean Hydrosphere dan sebagai National Project Coordinator dari tahun 1996 - 2014, kerjasama dengan UNIDO dan MoE Japan.

Dengan dukungan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai serta sumber daya manusia yang berkualitas, P3KLL telah mampu menjadi laboratorium pengujian kualitas lingkungan untuk 295 parameter pengujian di bidang uji air, udara, padatan, biologi, kebisingan dan getaran, ditambah 9 sampling, serta 6 besaran ukur untuk laboratorium kalibrasi.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup Jepang, Mr. Arata Takebe hadir dalam peringatan ini. Dalam sambutannya Arata menyatakan bahwa, “Jepang menjadikan P3KLL sebagai laboratorium referensi untuk mendapatkan data yang valid mengenai kualitas lingkungan di Indonesia.”

Berita selengkapnyadisini

Sumber:

http://ppid.menlhk.go.id/berita_foto/browse/1328

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )