free hit counter javascript
BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KEHUTANAN
Forest Research and Development Agency
PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
KETEKNIKAN KEHUTANAN DAN PENGOLAHAN
HASIL HUTAN

The Center for Research and Development on Forest Engineering and Forest Products Processing
Teknologi Budidaya HHBK

Hutan sebagai karunia dan amanah Allah SWT yang dianugerahkan kepada bangs a Indonesia, merupakan kekayaan yang dilkuasai oleh negara. Hutan yang dapat memberikan manfaat serba guna bagi umat manusia, wajib disyukuri, dipelihara, dijaga dan dimanfaatkan secara optimal untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, generasi masa kini maupun generasi berikutnya secara berkesinambungan.

Lahirnya permasalahan scrta isu regional, nasional maupun internasional pada tahap proses pembangunan sektor kehutanan, menuntut adanya cara pandang dan paradigma baru. Hutan harus dipandang sebagai sistem sumberdaya (resources system) yang bersifat multi bruna,dalarn hal ini menyangkut multi kepentingan (multiple interest). Pandangan ini mengharuskan adanya pendekaran holistik dan keselarasan apresiasi semua pihak, dengan paradigma baru kehutanan, sermakin mengukuhkan bahwa arah pengembangan industri kehutanan sebagai salah satu industri yang berbasis pada sumberdaya yang berkesinambungan (renewable resources based industries) akan mampu menciptakan fundamental ekonomi yang kokoh dan berpihak pada rakyat. Hal ini semakin membuka peluang pengembangan produk hasil hutan bukan kayu (HHBK) untuk lebih diperhatikan karena memiliki keunggulan komparatif serta sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat sekitar hutan.

Produk sumberdaya hutan (SDH) berupa HHBK, memiliki karakteristik penanganan yang berbeda-beda berdasarkan pada jenis produk, kegunaan atau manfaat, dan nilai pelestariannya, begitu juga berbeda dalam hal kebutuhan teknologi yang diperlukan untuk tiap tahap kegiatan pengelolaan seperti teknologi pembibitan, penanaman, pemeliharaan, pemanenan dan pasca panen, serta pengolahan dan teknologi diversifikasi produk yang akan dilaksanakan.

Sampai sekarang informasi dasar yang diperlukan untuk pengembangan HHBK masih terpencar di berbagai media, belum dihimpun dalam satu buku yang menyeluruh. Untuk mengakomodasikan kebutuhan ini maka disusun Buku Teknologi Budidaya, Pemanfaatan dan Pengembangan Hasil Hutan Bukan Kayu yang mencakup teknologi dasar untuk budidaya, pemanenan, pasca panen, pengolahan berikut diversifikasi produk, informasi kelembagaan dan cara pemasaran produk. Di dalam buku ini, artian HHBK dikecualikan untuk komoditi satwa, hasil satwa, rotan, bambu, sutera alam, lebah dan madu.

Selengkapnya silahkan unduh di lampiran berikut ini: