Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan

Forest Products Research and Development Center

Detail Peneliti

Nama Peneliti : Ir. Sona Suhartana
NIP : 19601012 198603 2 003
Tempat/Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 12-10-1960
Alamat : Komp. Good Year Jl. Duta Persada Blok B. 11/20 Bogor 16610
Unit Kerja : Kelompok Peneliti Keteknikan Hutan dan Pemanenan Hasil Hutan
Email : ssuhartana@yahoo.com, sona.suhartana@gmail.com
Jabatan Fungsional : Peneliti Utama
Bidang Kepakaran : Keteknikan dan Pemanenan Hutan
Bidang Penelitian : Keteknikan Hutan Dan Pemanenan Hasil Hutan
Disiplin Ilmu : Kehutanan
Pangkat/Golongan : Pembina Utama, Gol IV/e
Info Karir

Mulai bekerja di Badan Litbang Kehutanan (Pusat Litbang Hasil Hutan) sebagai tenaga honorer sejak Tahun 1985. Pada tahun 1986 menjadi CPNS. Pada Tahun 1987 menjadi PNS sampai sekarang menjadi peneliti di bidang Keteknikan Hutan Dan Pemanenan Hasil Hutan, dengan subyek penelitian Keteknikan Hutan Dan Pemanenan Hasil Hutan. Posisi yang diduduki sekarang adalah jabatan fungsional sebagai Peneliti Utama. Gelar sarjana Kehutanan diperoleh Institut Pertanian Bogor pada Tahun 1985.

Penelitian yang dilakukan sejak 1987 yaitu bidang teknologi hasil hutan dengan keahlian Keteknikan dan Pemanenan Hasil Hutan dalam penelitian bidang Keteknikan Hutan Dan Pemanenan Hasil Hutan, antara lain penelitian pemanenan ramah lingkungan (RIL) di hutan produksi alam lahan kering, pemanenan ramah lingkungan (RIL) di hutan produksi alam lahan basah/rawa, pemanenan ramah lingkungan (RIL) di hutan tanaman lahan kering, pemanenan ramah lingkungan (RIL) di hutan tanaman lahan basah/ rawa gambut, kajian luas petak tebang optimal di hutan tanaman lahan/ rawa gambut.

Pelatihan dan kegiatan ilmiah terkait dengan kompetensi yang pernah diikuti antara lain:

Penataran pengembangan aplikasi program SIM Tahun 2000, TOT on contour and tree position mapping and ril planning Tahun 2004, presentation performance training Tahun 2006, international scientific publication workshop for forestry researches Tahun 2006.

Sampai dengan saat ini telah menghasilkan 100 karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal/buletin ilmiah, abstrak, laporan dan prosiding baik jurnal nasional maupun internasional.

 

Agenda Kegiatan Selengkapnya
Abstrak Jurnal Selengkapnya

Profile Peneliti

Statistik

Video ( Klik gambar untuk memulai )

XYLARIUM BOGORIENSE 1915.